Pembinaan Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan

Jl. Drs. Warsito No.72 Teluk Betung, Bandar Lampung 0721-485528,485128,480631

Where Tomorrow's Leaders Come Together

Sebuah Dedikasi Terbaik Guru Seni Lampung

Sabtu, 03 Juli 2021 ~ Oleh hendry ~ Dilihat 260 Kali

 


Tugas pokok guru adalah mengajar,mendidik, dan melatih. Tugas mengajar berkaitan dengan transformasi pengetahuan(knowledge) kepada anak didiknya. Tugas mendidik berkaitan dengan menanamkan sikap atau nilai-nilai kepribadian maupun spritual kepada peserta didik( afektif). Sedangkan tugas melatih berkaitan dengan memberikan keterampilan tertentu yang harus dikuasai peserta didik, biasanya berkaitan dengan kegiatan motorik( psikomotor).

Seorang guru dituntut untuk profesional dalam mengembangkan dan menyampaikan ilmu yang dimiliki kepada peserta didik dengan segala keterbatasan sarana dan situasi yang dihadapi di lapangan. Mereka dituntut untuk bekerja dengan kualitas yang baik yang dilandasi dengan rasa pengabdian, kecintaan terhadap profesi, kebiasaan melakukan refleksi diri, hingga semangat untuk terus belajar sepanjang hayat.

Pilihan hidup menjadi seorang guru apabila dilakukan dengan tulus ikhlas dan rasa cinta, maka akan membawa seseorang kepada kebahagiaan yang tentu tidak dapat dinilai dengan materi. Inilah modal terbesar yang akan membawa seseorang pada kesuksesan dalam menjalani profesi sebagai seorang guru: pengabdian. Apabila seorang “guru” tidak memiliki rasa pengabdian yang tulus di dalam dirinya, maka “guru” itu tidak akan dapat bertahan pada pekerjaannya, dan ia bukanlah seorang guru yang sebenarnya.

Kebutuhan aktualisasi diri adalah kebutuhan tertinggi,  dalam kaitannya dengan guru profesional, pencapaian sebagai “Guru Berprestasi” adalah salah satu bentuk aktualisasi diri seperti yang dilakukan oleh Guru Seni asal Lampung Bapak Ahmad Jusmar, S.Sn. Semoga kreasi dan inovatif yang dilakukan oleh Bapak Ahmad Jusmar, S.Sn., juga dimiliki oleh para Guru di Provinsi Lampung khususnya.


Tertanda
Kabid PSMA Provinsi Lampung 

Diona Katharina, S.Sos., M.Pd.

KOMENTAR

Dra. Hj. Rosita - Selasa, 06 Juli 2021

Seorang Guru profesional dituntunt untuk dapat mengembangkan kompetensinya, kerja dengan kwalitas yang baik dilandasi dengan rasa pengambdian, kecintaan terhadap profesi, kebiasaan merefleksi diri sehingga semangat untuk belajar sepanjang hayat. Guru harus tulus iklas dan memiliki rasa cinta dengan profesinya untuk mencapai kebahagian yang tidak dapat dinilai dengan materi.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Diona Katharina, S.Sos., M.Pd.

Assalamu alaikum Wr. Wb. Alhamdulillah Puji Syukur kehadirat Allah Subhanallahu Wata'ala atas keberkahan dan kenikmatan yang Allah berikan. Sholawat dan…

Selengkapnya