Bidang Pembinaan SMA Disdikbud Provinsi Lampung

Jl. Drs. Warsito No.72 Teluk Betung, Bandar Lampung 0721-485528,485128,480631

Where Tomorrow's Leaders Come Together

Kabid PSMA Provinsi Lampung Hadiri Kegiatan P5 di SMAN 1 Negeri Besar

Kamis, 02 Maret 2023 ~ Oleh hendry ~ Dilihat 472 Kali

Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kabudayaan Provinsi Lampung, Diona Katharina, S.Sos., M.Pd, menghadiri gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMAN 1 Negeri Besar, Kabupaten Way Kanan, Kamis, 2 Maret 2023.

Kehadiran Diona yang kesempatan itu mewakili Kepala Disdikbud Lampung, Drs. Sulpakar, M.M, ingin mengetahui secara langsung hasil dari proses pembelajaran P5 yang diikuti seluruh siswa kelas 10 sekolah setempat.

Gelar karya P5 merupakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang dihasilkan siswa SMAN 1 Negeri Besar, sangat diapresiasi Diona. Pasalnya, ia sangat puas dengan seluruh hasil karya yang sudah dihasilkan siswa.

Di sana, bahkan ia bersama unsur pimpinan kecamatan (Uspika) dan tamu undangan yang hadir, mencicipi makanan hasil dari olahan para siswa yang ditampilkan pada gelar karya P5 semester genap tahun pelajaran 2022/2023.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada SMAN 1 Negeri Besar yang telah memberikan kontribusi terbaik dalam mengembangkan minat dan bakat siswa melalui berbagai kegiatan, salah satunya melalui gelar karya ini,” ujar Diona.

Berdasar Permendikbud Ristek No. 56/M/2022, P5 merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek dirancang menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan.

P5 merupakan bagian tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Projek ini menjadi penting dilaksanakan guna memberi kesempatan peserta didik sebagai pengetahuan dalam proses penguatan karakter, sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar.

“Dalam kegiatan projek ini, anak-anakku memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting, sehingga bisa melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya,” ujar dia.

Ia mengatakan, P5 ini juga sangat bermanfaat dalam memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensi, melatih kemampuan pemecahan masalah dalam berbagai kondisi, serta memperlihatkan tanggung jawab dan kepedulian terhadap isu sekitar.

“Atas nama Disdikbud Lampung, saya mengucapkan selamat atas terselenggaranya gelar karya P5 bagi siswa SMAN 1 Negeri Besar Way Kanan. Semoga gelar karya selanjutnya akan lebih sukses, dan anak-anak semakin merdeka belajar,” tuturnya.

Diketahui, turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Lampung, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV, Ketua MKKS SMA Kabupaten Way Kanan, undangan, dan masyarakat setempat

Sumber berita :
https://smartnews.id/kabid-psma-disdikbud-lampung-mencicipi-makanan-olahan-siswa-sman-1-negeri-besar

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT